bekam, informasi seputar bekam, terapi bekam, cupping theraphy, cara bekam, manfaat bekam

Kamis, 14 Agustus 2014

Apa Itu Terapi Bekam?

Apakah bapak/ibu pernah mendengar tentang terapi bekam? Ya, bekam adalah sebuah metoda untuk terapi kesehatan dengan cara mengeluarkan darah statis yang mengandung toksin atau penyakit. Metoda ini dilakukan dengan 2 tahapan yakni proses tahapan pemvakuman area kulit bagian tubuh kita yang dilanjutkan dengan tahap pengeluaran darah dari area tersebut.

Banyak orang pada mulanya tidak percaya atas metoda bekam ini. Namun seiring dengan bergulirnya waktu, ternyata masyarakat yang memilih metoda bekam sebagai salah satu terapi kesehatan ini semakin bertambah.

Bekam dalam istilah bahasa Inggris lebih dikenal dengan istilah "Cupping Theraphy". Istilah ini tentu sesuai dengan metoda yang dilakukan pada saat terapi ini dilakukan, dimana sebuah alat ditangkupkan pada area kulit bagian tubuh kita lalu untuk nantinya akan memvakum dan mengeluarkan darah yang kotor tersebut.


Dilihat dari sejarahnya ternyata bekam memiliki berbagai istilah di berbagai tempat. Ada yang menyebut bekam itu Hijamah, ada yang menyebut cupping, ada yang menyebut Blood letting, ada yang menyebut kop serta adapula yang menyebut chantuk. Bapak/Ibu bisa membaca sejarah perkembangan terapi bekam untuk lebih jelasnya.

Namun ada satu hal yang menarik, ternyata terapi bekam ini sangat dianjurkan oleh Islam, karena bekam sesuai dengan tuntunan sunnah Nabi Muhammad SAW. (NegeriBekam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar